07/06/11

Mengenang hari minggu

Bocah yang besar dari susu kaleng cap Nona
Ngomongin hari minggu pasti teman-teman akan mikir weekend, liburan dan sebagainya. Pada umumya hari minggu bisa di jadikan hari untuk bersantai di rumah, di tempat liburan dan sebagainya. hari minggu juga dimana kita bisa menunda bagun di pagi hari karena biasanya hari minggu tidak ada jadawal ngantor kuliah kerja dan lainnya.

Nah ngomongin hari minggu nih, jadi teringat waktu kecil dulu mungkin tepatnya Era aku masih duduk di bangku sekolah dasar kali yah. Hari minggu itu terasa ringan sekali, bagi anak-anak yang tinggal di kota bisa di habisi maen game libur dengan keluarga, atau ngerjain tugas sekolahan bisa sepanjang hari berlangsung. namun tidak seperti anak desa seperti saya. segala rutinitas akan sangat banyak sekali di hari ini.

Nah mulai dari hari sabtunya nih, segala keperluan sekolah harus di siapin. mulai dari seragam sekolah yang harus aku cuci. dari kecil Aku udah di ajarin mandiri untuk nyuci seragam putih untuk hari senin dan sepatu sekolah sendiri loh. bukan hanya aku tapi anak-anak di desa ku hampir semuanya gitu walaupun satu pasang baju aja,,,hahaha, seragam yang lain di cuci ma kakak ibu masing-masing juga. biasanya kami berangkat ke sungai berbondong-bondong dengan menenteng ember kecil yang berisi seragam dan sepatu sekolah. Walaupun hanya mencuci berapa potong baju namun bisa memakan waktu hingga bejam-jam karena mandi di sungai bisa membuat kami melupakan waktu. lompat sana terjun sini. nyelam sana dan nyelam sini hingga mencari ikan-ikan kecil di pinggir sungai.





Alasan mengapa kami harus mencuci pakaiyan di hari sabtu, nah ini ni penyebabanya karena di hari minggu, pagi-pagi sekali kami sudah harus berangkat ke ladang untuk membantu orang tuaku. tidak ada alasan untuk tidak ikut serta bersama keluarga untuk ke ladang kami yang berjarak hingga 5 kilo dengan berjalan kaki dan mendaki bukit kira-kira sejauh 500m. Ada aja kegiatan di ladang ini yang menurutku gak abis-abis. mulai dari ngotip kopi, membersihkan rumput. namun tidak di lakukan sekaligus, kadang ngutipnya minggu ini trus ngaritya minggu depan. Berladang adalah sampingan buat orang tuaku yang berpropesi sebagai PNS yang cuma tamatan SMA setingkat. dan harus membiayai 3 putra-putranya kuliah dalam waktu yang bersamaan waktu itu. kalo tidak salah gaji ortuku waktu itu  sebesar 200rb. dan harus mngirimi belanja 80rb untuk satu orang tiap bulanya. belum lagi buat kami yang masih sekolah. jadi selebihnya harus di cari di luar ngantor.
Nah hal yang paling aku tunggu-tunggu ni pas udah kembali kerumah, biasanya aku bisa minta dibeliin mie Aceh di warung dekat rumah yang kami makan bersama kakak dan abangku di rumah. nah kalo dalam hal untuk membeli yang satu ini aku nih paling cepat dan enteng untuk di perintahin.*kalo ada maunya. akan terasa sangat nikmat sekali loh. karena hanya bisa di dapat di hari minggu aja.hahaha senangnya minta ampun.
Hal ini rutin aku lakukan dan keluarga disamping karena cuma minggulah hari yang senggang buat bapakku yang harus ngantor di hari biasa dan kami harus bersekolah.

Beberapa bulan yang lalu aku sempat di suruh ma kakak aku untuk beliin susu buat ponakan aku yang masih balita yang sebetunya baru beberapa hari belakangan yang lalu." loh yang aku beliin kemarin mana"tanyaku"ya udah habis"jawab kakakku santai, dalam hati susu dengan kotak segede ini cuma abis beberapa hari. dan akupun sedikit mengguyon dengan kakakku sambil mengenang. kita aja dulu minum susu cuma minum susu pas hari senin aja tu juga susu cap nona"kataku seenaknya. tandas semua ketawa kecil. Tu juga kalo ibu beli perlengkapan selepas pulang dari ladang mulai dari sabun mandi dan lain-lain..nah kalo ada lebih di belilah satu kaleng susu cap nona yang cuma di minum pas pagi seninnya...tapi gak papalah yang penting udah rasain minum susu.
Saya sangat mensyukuri punya orang tua yang begitu ikhlas menghidupi kami..dan lahamduliLlah kai semua uadah jadi dan pada akhir bulan 4 kemarin aku udah di Wisuda di salah satu universitas di Medan. amin.

Mahasiswa pecinta mie Aceh
berhubung masih belajar nulis jadi alurnya gak jelas deh,,,hihihi

3 komentar:

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

wah hebat waktu kecil udah nyuci baju sendiri
langka dijaman sekarang mah hehe :D

Unknown mengatakan...

@ria:gak hebat-hebat juga,,,cuma sepotong aja hehehe. jadi gimana atas pujiannya,,makasih udah mapir...

ARIJOBA mengatakan...

wahaaaaaaaa jadi ingat masa kecil ya pak,, hehehe bukan hanya nyuci baju, bahkan tiada hari minggu tanpa perkebunan kopi, ga pergi ada sapu lidi sama pemotongan uang jajan menanti, tapi semua ada hikmahnya ketika dah dewasa gini.... sepatu.