30/07/11

taradisi pra Ramadhan

Assalamualaikum...
wah bentar lagi umat islam sedunia akan bergembira loh,yah bergembira karena bulan yang begitu berkah akan segera tiba. bulan Ramadhan, karena dibulan ini akan begitu banyak maghfirah yang bisa di dapatkan mulai dari hari pertama bahkan memasuki bulan syawal.
Nah kali ini aku bukan mau ngebahas semunya ya tapi hanya sebatas tradisi yang ada di kampungku aja. aku belum jadi ustad jadi tidak begitu faham jika berbicara tentang fiqh-nya.

jadi gini nih di daerahkku menyambut bulan ramdhan itu meriah loh, mukin di daerah lain juga ya..!
pada umumnya di daerah Aceh itu selalu menyambut hari-hari besar itu dengan sangat meriah. mulai dari maulid(mulud)isra'mi'raj, dan hari bewsar-besar lainnya. kali ini aku mau berbagi cerita gimana serunya menyambut ramadhan di dataran tinggi tanoh gayo.

Seminggu sebelum 1 ramadhan biasanya masyarakat di daerahku udah pada sibuk dengan berbagai kegiatan dalam menyambut bulan ramadhan. nah bagi kami kaum laki-laki bisanya akan berkumpul di mesjid-mesjid untuk bergotong royong hingga menyiapakan perlengkapan yang akan di pakai dalam melaksanakan kegiatan taraweh dan tadarus, lagu-lagu kasidahpun akan bergema di setiapa sudut kampung menghantarkan kami pada keindahan ramadhan.

untuk kaum ibu-ibu sendiri kan sibuk dengan mengadon kue-kue yang menjadi khasnya bulan penuh berkah ini, mulai dari lepat gayo, hingga makanan kecil lainnya. untuk lepat sendiri di buat banyak loh, karena akan di stok selama bulan ramadhan, sangking banyaknya untuk membungkusnya aja bisa memakan waktu seharian. untuk selanjutnya tinggal di panasin aja berapa seperlunya, baik itu di goreng, di bakar, maupun di kukus lagi.

yang paling mengasyikkan adalah tradisi Meugang(megang), nah ini di adain pas sehari sebelum 1 ramadhan atau sehari sebelum waktu puasa. apa itu meugang adalah suatu tradisi menyemblih hewan ternak mulai dari kambing lembu dan sebagainya, yang terpenting pada hari itu adalah hari yang berlimpah dengan masakan serba daging, segala jenis cara memaskpun akan banyak sekali, mulai dari rendang, semur, dendeng dan sebagainnya,

Disebahagian daerah malah meugang ini dilaksanakan di meunasah(musala atau mesjid), dimana semua waraga membawa masing perbekalan yang sudah dimasak atau pun yang mentah dan di masak secara bersama sama, dan pada waktunya waraga pun akan bersantap ria bersama, nah hal ini akan kecipratan juga bagi waraga yang kurang berezeki untuk membeli daging, kebiasaaan ini masih banyak terdapat pada masyarakat aceh ppesisir, sementara untuk daerah ku(gayo) udah gak da makan di rumah masing masing aja...
berhubung besok puasa saya mohon maaf ya kepada kwan-kawan semua,,,semoga amal kita di terima walaupaun gak peranah bertemu muka mudah2an di akherat kita dipertemukian ya,,,mohon maaf lahir dan bathin...

2 komentar:

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

wah ada ya tradisi menyambut ramadhan disana
klo di tangerang mah sepi2 aja, paling rame orang ngabuburit sama anak2 yg teraweh tp malah maen dijalanan hehe :P

Unknown mengatakan...

iya ni ria, kalo di aceh menyambut puasa itu rame loh,,,disini juga ada ngabuburit ma tradisi tarawehan hehehe,,,